ANALISA METODE C4.5 UNTUK MENGETAHUI FAKTOR KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Yuda Perwira
Amran Sitohang
Amanda Dwi Stephanie

Abstract

Pada Masa Pandemi Covid-19 Saat ini terjadi perubahan produktivitas, kegiatan masyarakat harus dibatasi guna memutus rantai penyebaran virus covid-19, segela kegiatan non esensial sebisa mungkin dilakukan secara daring, termasuk belajar mengajar pada perguruan tinggi, proses belajar mengajar secara daring perlu dievaluasi agar mahasiswa semangat belajar dan proses transfer ilmu berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pembelajaran daring pada perguruan tinggi untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring dan mengetahui faktor apa yang menjadi penyebab dari kepuasan pembelajaran daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dan identifikasi masalah, membuat kajian literatur, pengumpulan data dan wawancara dengan pihak terkait, kemudian menerapkan teknik data mining pada data kemudian klasifikasi data dengan algoritma C4.5 Dan kemudian simulasi dengan rapid miner. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil kuesioner yang diisi oleh mahasiswa berdasarkan variabel atau kriteria yang dilakukan pada saat pembelajaran daring, dan akan diolah dengan teknik data mining dengan algoritma C4.5, dimana metode ini memiliki akurasi yang tinggi untuk klasifikasi. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh pada kepuasan mahasiswa terhadap pembalajaran daring adalah fasilitas interaksi selanjutnya adalah Fasilitas dari objek pembelajaran daring yang dapat memfasilitas kelengkapan objek pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Perwira, A. Sitohang, and A. D. . Stephanie, “ANALISA METODE C4.5 UNTUK MENGETAHUI FAKTOR KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 141 - 147, Feb. 2022.
Section
Articles