IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM PENGKATEGORIAN BARANG EXPEDISI MUATAN KAPAL LAUT PADA PT MARITIM ERA SUKSES MENGGUNAKAN METODE APRIORI

Main Article Content

Fadjar Suhendra
Flencia Wiminata
Okta Jaya Harmaja

Abstract

Expedisi Muatan Kapal Laut merupakan sebuah perusahaan yang mengirimkan barang menggunakan kapal laut menggunakan jalur laut biasanya untuk pengiriman luar pulau. PT Maritim Era Sukses merupakan perusahaan yang bergerak di bidang expedisi muatan laut yang beralamat Jln Kiwi no 8P Komplek Cemara Asri sudah berdiri sejak 2018. Salah satu data yang dihasilkan dari sistem informasi pengiriman tersebut adalah transaksi data pengiriman produk. Dengan kegiatan pengiriman setiap hari maka otomatis data pengiriman tersebut makin lama akan semakin bertambah banyak. Solusi dari permasalahan tersebut adalah bagaimana membentuk pola kombinasi itemsets dan membuat aturan dengan teknik Association Rule. Pengetahuan yang dihasilkan dari data pengolahan data pengiriman dengan Algoritma Apriori yakni berupa pola kombinasi dan aturan Asosiasi, yang dapat digunakan oleh pihak expedisi salah satunya adalah sebagai acuan penyusunan kategori produk.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Suhendra, F. Wiminata, and O. J. Harmaja, “IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM PENGKATEGORIAN BARANG EXPEDISI MUATAN KAPAL LAUT PADA PT MARITIM ERA SUKSES MENGGUNAKAN METODE APRIORI”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 120 - 126, Feb. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)