PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI DAN JURNAL PENELITIAN (STUDI KASUS FTIK UNPRI)

Main Article Content

Cornelia Selvi Dinta Br Sembiring
Latifah Hanum
Saut Parsaoran Tamba

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini berpengaruh pesat termasuk dalam bidang pendidikan khususnya dalam perkuliahan untuk menentukan judul skripsi dan jurnal penelitian. Dalam hal ini para pengembang menemukan suatu pola untuk mempermudah dalam pencarian ide judul untuk menyelesaikan syarat kelulusan perkuliahan dalam lingkup jurusan Sistem Informasi di Universitas Prima Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode Algoritma K-Means. Metode tersebut bertujuan untuk mengelompokkan data mahasiswa seesuai dengan skill dan basic yang didominasi pada mata kuliah yang paling banyak diminati sebagai acuan dalam pengembangannya. Dengan adanya pengolahan data yang dilakukan dapat memberikan solusi kepada mahasiswa dan lingkupnya untuk mengetahui ide judul skripsi dan jurnal penelitian. Maka hasil uji coba mendapatkan perbandingan score dalam pembagian clustering yaitu pada 29% C1, 21% C2, 22% C3, 13% C4, 15% C5

Article Details

How to Cite
[1]
C. S. D. B. Sembiring, L. Hanum, and S. P. Tamba, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI DAN JURNAL PENELITIAN (STUDI KASUS FTIK UNPRI)”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 80 - 85, Feb. 2022.
Section
Articles