IMPLEMENTASI METODE ASSOCIATION RULE DAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM MENENTUKAN PENJUALAN HANDPHONE DAN LAPTOP PADA INTIKOM

Main Article Content

shella -
Elvis Sastra Ompusunggu

Abstract

Intikom merupakan salah satu toko penjualan elektronik handphone (HP) dan laptop terbesar yang tidak hanya melayani pembelian saja tetapi juga melayani servis. Intikon dalam menentukan penjualan HP dan laptop hanya mengetahui laba, rugi dan stok persediaan barang saja, namun tidak mengetahui barang-barang apa yang akan di sediakan lebih banyak berdasarkan penjualan yang paling laris, dalam hal ini persediaan barang yang di lakukan masih melakukan cara konvensional sehingga masih terdapat kesalahan-kesalahan yang di timbulkan sehingga menimbulkan kekecewaan kepada pembeli. Dengan adanya pengetahuan tersebut maka toko berkolaborasi menggunakan metode Association Rule dengan algoritma FP Growth. Dalam menerapkan algoritma FP Growth untuk menganalisa data penjualan hp dan laptop pada toko memperoleh 6 sempel rule dari ratusan rule dengan menerapkan min support >30 dan confidence 70% dari aplikasi atau program yang sudah di jalankan. Rule yang di peroleh 100%  dengan Xiaomi Redmi Note 10 5G 4GB/128GB dan Vivo V23e 8GB/128GB maka membeli Vivo Y21T  5G 6/128 Gb , 83% dengan pembelian Vivo Y21T  5G 6/128 Gb maka membeli Oppo A95 8GB/128GB dan iPhone 13 128GB, 80% dengan pembelian iPhone 13 Mini 128GB maka membeli Vivo Y21T  5G 6/128 Gb dan Oppo A16 4GB/64G.

Article Details

How to Cite
[1]
shella - and E. S. Ompusunggu, “IMPLEMENTASI METODE ASSOCIATION RULE DAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM MENENTUKAN PENJUALAN HANDPHONE DAN LAPTOP PADA INTIKOM”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 91 - 96, Feb. 2022.
Section
Articles