Analisis perbandingan sentimen Corona Virus Disease-2019 (Covid19) pada Twitter Menggunakan Metode Logistic Regression Dan Support Vector Machine (SVM)

Main Article Content

Kelvin Kelvin
Jepri Banjarnahor
Evta Indra -
Marlince NK Nababan
Stiven Hamonangan Sinurat

Abstract

Melihat perkembangan twitter tersebut maka twitter menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan analisis sentimen terhadap bebagai topik. Penelitian ini  melakukan suatu analisis sentimen terhadap bahasan yang saat ini sering menjadi trending topic di twitter yaitu “CoronaVirus Disease-2019 (covid19)”. Penyebaran virus ini juga langsung dibicarakan oleh banyak kalangan masyarakat twitter, saat ini virus corona tengah menjadi perhatian dunia internasional. Banyaknya jumlah angka korban dan cepatnya penularan virus membuat masyarakat khawatir dan muncul berbagai opini tentang virus corona, Opini inilah yang kemudian di analisa untuk diketahui polaritasnya dengan analisis sentimen. Metode yang digunakan adalah Logistic Regression dan Support Vector Machine (SVM) dimana SVM memiliki nilai akurasi 91,15% dalam data test sedangkan metode Logistic Regression mendapatkan nilai akurasi sebanyak 87,68% dalam data test.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Kelvin, J. . Banjarnahor, E. I. -, M. NK Nababan, and S. H. Sinurat, “Analisis perbandingan sentimen Corona Virus Disease-2019 (Covid19) pada Twitter Menggunakan Metode Logistic Regression Dan Support Vector Machine (SVM)”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 47 - 52, Feb. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>