PENERAPAN METODE DECISION TREE DALAM PEMBERIAN BONUS KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C5.0 PADA PT. JUNYE GROUP LANGKAT

Main Article Content

Tajrin Tajrin
Novendy -

Abstract

ABSTRAK- Manusia merupakan sumber daya yang tidak lepas pada setiap perusahaan, manusia memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan karya. Bonus merupakan salah satu pendorong karyawan untuk menunjukkan kinerjanya lebih baik. Dengan memberikan bonus merupakan bentuk penghargaan kepada karyawan untuk memotivasi para karyawan yang memiliki kemampuan dan semangat kerja yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya, bonus yang diberikan sesuai dengan prestasi kerja yang dihasilkan. PT. Junye Group Langkat bergerak di bidang eksport kayu ke luar negeri seperti Cina dan Korea biasanya pemberian bonus atas prestasi kinerja setiap tahun diberikan, tetapi proses pemberian bonus kepada karyawan masih melakukan secara manual yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat menentukan hasil karyawan yang mendapatkan bonus. oleh karena itu peneliti merancang sebuah sistem datamining dengan menerapakan Metode Decision Tree dan Algoritma C5.0 yang akan membantu proses perhitungan berdasarkan kriteria-kriteria  secara cepat dan ideal dalam menentukan karyawan yang terbaik untuk mendapatkan bonus setiap tahunya. Laju eror yang dipergunakan sebagai evaluasi algoritma C5.0 dalam klasifikasi pemberian bonus kinerja karyawan sebesar 8.% kesalahan dari 20 data, artinya ada 12 karyawan yang tepat di klasifikasikan.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Tajrin and N. -, “PENERAPAN METODE DECISION TREE DALAM PEMBERIAN BONUS KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C5.0 PADA PT. JUNYE GROUP LANGKAT”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 67 - 72, Feb. 2022.
Section
Articles