Analisis Kinerja Kombinasi Algoritma Message-Digest Algortihm 5 (MD5), Rivest Shamir Adleman (RSA ) dan Rivest Cipher 4 (RC4) Pada Keamanan E-Dokumen

Main Article Content

Sumarno Sumarno

Abstract

Pertukaran dokumen di dunia maya sudah banyak digunakan dalam transaksi pada saat ini. Dokumen tersebut harus dijamin oleh setiap pengguna. Untuk menjaga kerahasiaan informasi, terutama untuk isi informasi yang seharusnya diketahui hanya pihak berwenang. Pengiriman data atau informasi tanpa jaminan apapun akan beresiko terhadap penyadapan dan informasi di dalamnya dapat dengan mudah diidentifikasi oleh pihak yang tidak berwenang. Salah satu cara untuk mengamankan dokumen adalah dengan menggunakan algoritma kriptografi. Prinsip keamanan dokumen ini adalah bagaimana sistem dapat mengamankan penyimpanan dan pengiriman dokumen dengan  menggunakan algoritma kombinasi. Dalam penelitian ini, penggunaan  algoritma kombinasi adalah kombinasi algoritma MD5, RSA dan RC4. Tahapan dokumen keamanan mencakup tiga tahap: proses keamanan data, kunci keamanan, dan menguji integritas dari file.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sumarno, “Analisis Kinerja Kombinasi Algoritma Message-Digest Algortihm 5 (MD5), Rivest Shamir Adleman (RSA ) dan Rivest Cipher 4 (RC4) Pada Keamanan E-Dokumen”, JUSIKOM PRIMA, vol. 2, no. 1, Aug. 2018.
Section
Articles