PEMODELAN PROSES BISNIS DAN PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE PADA BADAN PENGELOLA PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BALIKPAPAN

Main Article Content

Hidayat Heru Sutrisno -
Soleh Ardiansyah
Yuyun Tri Wiranti

Abstract

Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bertugas di bidang pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah Kota Balikpapan. BPPDRD Kota Balikpapan bertujuan untuk mewujudkan akuntabilitas pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah, meningkatkan pajak daerah dan retribusi daerah, mewujudkan aparatur yang berkompeten serta mewujudkan pelayanan pajak daerah dan retribusi daerah yang prima. Perubahan Dinas Pendapatan Daerah menjadi BPPDRD pada tahun 2017 menyebabkan perubahan kegiatan yang belum terdokumentasi menjadi SOP. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pemodelan proses bisnis dengan menggunakan pendekatan Business process management (BPM) dengan notasi Business Process Modeling and Notation (BPMN) dan penyusunan SOP dengan menggunakan notasi flowchart. Dari penelitian yang dilakukan, dihasilkan 20 model proses bisnis to-be yang telah diperbaiki menggunakan value added analysis dari 20 proses bisnis as-is, serta dihasilkan 20 SOP yang telah disusun dari 20 proses bisnis to-be.

Article Details

How to Cite
[1]
H. H. S. -, Soleh Ardiansyah, and Yuyun Tri Wiranti, “PEMODELAN PROSES BISNIS DAN PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE PADA BADAN PENGELOLA PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BALIKPAPAN”, JUSIKOM PRIMA, vol. 4, no. 1, pp. 44 - 51, Sep. 2020.
Section
Articles