Manajemen sumber daya manusia dengan waktu tunggu pasien di pelayanan farmasi Rumah Sakit X

Authors

  • Mafe Robbi Simanjuntak Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia
  • Nancy Desrina Pasaribu Universitas Prima Indonesia
  • Eva Ellya Sibagariang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jpms.v2i2.973

Keywords:

Waktu Tunggu, Kepuasan, Kualitas Sumber Daya Manusia

Abstract

Pelayanan farmasi adalah salah satu pelayanan kesehatan yang mendukung proses kegiatan penyembuhan pasien dalam proses pengobatannya yang dapat menjadi indikator mutu pelayanan kesehatan. Berdasarkan survei awal yang dilakukan di Unit Farmasi Rumah Sakit X masih banyak ditemui pasien yang menunggu obat lebih 1 jam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan manajemen sumber daya manusia  dengan waktu tunggu pasien di pelayanan farmasi Rumah Sakit X. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan random sampling. Hasil penelitian menyimpulkan adanya hubungan kualitas SDM (0,000) dan kepuasan (0,034) dengan waktu tunggu pasien di pelayanan farmasi Rumah Sakit X. Sedangkan  tata letak obat tidak berhubungan dengan waktu tunggu pasien.

References

Kementerian Kesehatan. Keputusan Menteri. Kesehatan Nomor 1204/MENKES/SK/X/2004 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta. 2004.

Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta. 2014.

Kementerian Kesehatan. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta. 2008.

Margiluruswati P, Irmawati LI. Analisis Ketepatan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien JKN Dengan Standar Pelayaan Minimal Rumah Sakit 2017 (Studi di UPF Rawat Jalan RSUD Bhakti Dharma Husada). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, Vol.3 No.1 p.115 ‐126: 2017

Megawati, Hariyanto T, Rachmi AT. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Farmasi Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien di RS Baptis Batu: Peran Kepesertaan Asuransi. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol.14 No.1: 2016.

Kurniasih FD, Amalia L, Anggraini Y. Analisis Mutu Pelayanan Farmasi di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X di Bogor. Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal Vol.1 No.1: 2016.

Jonrinaldi, Wirdianto E, Nirmala M. Perancangan Tata Letak dan Sistem Informasi Gudang Farmasi dan Perbekalan Kesehatan di Kota X. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol.7 No.1 p.27-37: 2007.

Nurjanah I, Maramis FRR, Engkeng S. Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Dengan Kepuasan Pasien di Apotek Pelengkap Kimia Farma BLU Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Pharmacon Vol.5 No.1: 2016.

Kastella NAF. Evaluasi Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Waktu Tunggu Obat dan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kecepatan Pelayanan Resep di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Vol.3 No.1: 2019.

Downloads

Published

2020-09-12

How to Cite

Simanjuntak, M. R. ., Pasaribu, N. D., & Sibagariang, E. E. . (2020). Manajemen sumber daya manusia dengan waktu tunggu pasien di pelayanan farmasi Rumah Sakit X. Jurnal Prima Medika Sains, 2(2), 32-36. https://doi.org/10.34012/jpms.v2i2.973

Issue

Section

Original Article