Determinan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Peulimbang Kabupaten Bireuen

Authors

  • Cut Nurnahayati Institut Kesehatan Helvetia
  • Zuraidah Nasution Institut Kesehatan Helvetia
  • Anto Anto Institut Kesehatan Helvetia

Keywords:

Pengetahuan, dukungan keluarga, sosial ekonomi, status gizi balita

Abstract

Masa balita merupakan masa yang tergolong rawan dalam pertumbuhan dan perkembangan karena pada masa ini anak mudah sakit dan mudah mengalami kekurangan gizi. Survei awal yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Peulimbang Kabupaten Bireuen dengan melakukan pengukuran antropometri terhadap 20 balita, ditemukan 13 balita yang mengalami gizi kurang dan 7 balita lainnya memiliki status gizi baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan penerapan prinsip sadar gizi pada tatanan rumah tangga terhadap status gizi balita. Jenis penelitian ini merupakan survei analitik dengan rancangan cross-sectional study. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Peulimbang Kabupaten Bireuen dengan sampel sebanyak 50 orang ibu yang memiliki balita. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adapun faktor-faktor yang berpengaruh terhadap status gizi balita adalah pengetahuan (p=0,020), dukungan keluarga (p=0,012),dan sosial ekonomi (p=0,000).

References

Istiono W, Suryadi H, Haris M, Irnizarifka, Tahitoe AD, Hasdianda MA, Fitria T, Sidabutar TIR. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 25 No. 3 p.150-155: 2009.

Adriani M. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2014.

Badan Pusat Statistik. Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta. 2014.

Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. Studi Monitoring dan Evaluasi Program Gizi: PSG & PKG Aceh. 2017. Diakses pada tanggal 23 November 2020 dari: https://dinkes.acehprov.go.id /uploads/Laporan_Hasil_Survey_PSG_Aceh_Tahun_2017.pdf

Gibson RS. Principle of Nutritional and Assessment. Oxford University Press. Newyork. 2005.

Green LW. Health Promotion Planning: An Educational and Environmental Approach. Mayfield Publishing Company. London: Mountain View-Toronto; 2014.

Friedman MM, Bowden VR, Jones EG. Buku Ajar Keoerawatan Keluarga: Riset, Teori, dan Praktik. Edisi 5. EGC. Jakarta. 2014.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi lebih pada anak Pra Sekolah di TK Salman ITB Ciputat Tahun 2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah. 2014.

Nazaruddin. Hubungan Karakteristik Keluarga dan Pemberdayaan Masyarakat Dengan Praktek KADARZI di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 2013.

Kirana GA. Hubungan Perilaku Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) Dengan Kejadian Stunting pada Balita di Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2014.

Downloads

Published

2020-03-03

How to Cite

Nurnahayati, C., Nasution, Z., & Anto, A. (2020). Determinan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Peulimbang Kabupaten Bireuen. Jurnal Prima Medika Sains, 1(1), 69-73. Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JPMS/article/view/751

Issue

Section

Original Article