Kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet Fe di Poli Kebidanan RSU Mitra Medika Medan

Authors

  • Mona Nurdin Institut Kesehatan Helvetia
  • Evawany Yunita Aritonang Institut Kesehatan Helvetia
  • Anto Anto Institut Kesehatan Helvetia

Keywords:

Kepatuhan, ibu hamil, konsumsi tablet Fe

Abstract

Tablet Fe adalah suatu suplemen penambah darah yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil guna mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Berdasarkan catatan kunjungan ibu hamil di RSU Mitra Medika Medan dari bulan Januari sampai Desember 2017 terdapat sebanyak 862 kunjungan. Ibu yang berkunjung ke Poli Kebidanan pada umumnya mengalami anemia (27%), padahal petugas di Puskesmas dan rumah sakit selalu memberikan tablet Fe pada ibu hamil yang berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengosumsi tablet Fe di Poli Kebidanan RSU Mitra Medika Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei analitik, dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 123 orang dan yang diambil sebagai sampel penelitian dengan teknik accidental sampling sebanyak 62 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki hubungan terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet Fe di Poli Kebidanan RSU Mitra Medika Medan yaitu pengetahuan, dukungan suami, penyuluhan Fe, ketersediaan Fe, kepercayaan, dan sikap. Dari analisis regresi logistik diperoleh kesimpulan bahwa penyuluhan (p=0,021) merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepatuhan ibu mengonsumsi tablet Fe.

References

Paendong FT, Suparman E, Tendean HMM. Profil zat besi (Fe) pada ibu hamil dengan anemia di Puskesmas Bahu Manado. Jurnal e-Clinic (eCl) Vol.4 No.1 p 369-374. 2016

Hartati S. Karakteristik dan Perilaku Bidan Dalam Pengelolaan Anemia Pada Ibu Hamil di Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 2017.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI). Jakarta. 2015.
Kusumaningrum D. Hubungan Antara Tingkat Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe Asupan Zat Gizi dan Kejadian Anemia Ibu Hamil. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. 2010.

Dutta AJ, Patel P, Bansal RK. Compliance To Iron Supplementation Among Pregnant Women: A Cross Sectional Study In Urban Slum. Natl J Community Med. 5(4):457–62. 2014.

Adilestari W, Daryanti MS. Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia di Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta. Universitas Aisyiyah Yogyakarta. 2017.

Amanda F. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengonsumsi Tablet Zat Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok Tahun 2012. Universitas Andalas. 2012.

Kusmiyati Y. Perawatan Ibu Hamil. Nuha Medika. Yogyakarta. 2009.

Sunaryo. Psikologi untuk Keperawatan. Penerbit EGC. Jakarta. 2004.

Erwin RR, Machmud R, Utama BI. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Kepatuhan dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang Tahun 2013.

Diani LPP, Susilawati L. Pengaruh Dukungan Suami Terhadap Istri yang Mengalami Kecemasan pada Kehamilan Trimester Ketiga di Kabupaten Gianyar. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 1 No. 1, pp. 1–11. 2013. Jurnal Kesehatan Andalas. 6(3). 2017.

Putri M. Hubungan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Fe. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2016.

Ramawati D, Mursiyam, Sejati W. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Desa Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 3 No.3. 2008.

Rumintang BI, Sundayani L, Halimatusyaadiah S. Penerapan Model KIE dengan Lembar Balik dan Stiker Kartu Pantau Mandiri Terhadap Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) Pada Ibu Hamil Anemia di Puskesmas Wilayah Kota Mataram Tahun 2016. Media Bina Ilmiah Vol.13 No.12. 2019.

Downloads

Published

2020-01-28

How to Cite

Nurdin, M., Aritonang, E. Y., & Anto, A. (2020). Kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet Fe di Poli Kebidanan RSU Mitra Medika Medan. Jurnal Prima Medika Sains, 1(1), 57-63. Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JPMS/article/view/748

Issue

Section

Original Article