Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat tidak memanfaatkan jamban di Desa Aek Kota Batu

Authors

  • Yulia Irma Ulina Institut Kesehatan Helvetia
  • Ayi Darmana Institut Kesehatan Helvetia
  • Nur Aini Institut Kesehatan Helvetia

Keywords:

Pengetahuan, pendidikan, sikap, pekerjaan, informasi petugas kesehatan, pemanfaatan jamban

Abstract

Pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan salah satu bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit. Survei awal yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Aek Kota Batu, diketahui bahwa masih banyak terdapat masyarakat yang tidak menggunakan jamban. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan jamban di wilayah kerja Puskesmas Aek Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan cross-sectional study yang dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan November 2019. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 kepala keluarga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan, pendidikan, sikap, pekerjaan, dan informasi petugas kesehatan berpengaruh terhadap pemanfaatan jamban di Desa Aek Kota Batu tahun 2019. Variabel yang paling dominan memengaruhi masyarakat tidak memanfaatkan jamban adalah pekerjaan.

References

Azwar. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Mutiara Sumber Widya Press. Jakarta. 2014.

Chandra, B. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta. 2013.

Slamet JS. Kesehatan Lingkungan. Gadjah Mada University. Yogyakarta. 2014.

Kementerian Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar Nasional. Jakarta. 2017.

Badan Pusat Statistik. Survei Ekonomi dan Nasional Tahun 2016. Jakarta. 2018.

Green L. Health Education A Diagnosis Approach. The John Hopkins University. Mayfield Publishing Co. 1980.

Ibrahim I., Nuraini D., Ashar T. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Jamban Di Desa Pintu Langit Jae Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu Tahun 2012. Universitas Sumatera Utara. 2013.

Chayatin N. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Penerbit Salemba Medika. Jakarta. 2013.

Widiati S. Planet Kita Kesehatan Kita: Laporan Komisi WHO Mengenai Kesehatan dan Lingkungan. UGM Press. Yogyakarta. 2017.

Arito. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Jamban Umum Bagi Rumah Tangga Yang Belum Mempunyai Jamban Pribadi. Medan. 2011.

Pane E. Pengaruh Perilaku Keluarga terhadap Penggunaan Jamban. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 3, No. 5, April. 2009.

Ibrahim M. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press. 2000.

Soemardji. Pembuangan Kotoran Manusia dan Air Limbah. Majalah Sanitasi Lingkungan. Jakarta. 2009

Kartiningrum ED. Pengetahuan dan Sikap Keluarga Tentang Jamban Sehat diDesa Gayaman RT 1 RW 2 Mojoanyar Mojokerta. Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Vol.02 No.02. 2010.

Notoatmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Rineka Cipta. Jakarta. 2009.

Widowati NN. Hubungan Karakteristik Pemilik Rumah Dengan Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Wilayah Kerja Puskesmas Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015.

Maulana H. Promosi Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta. 2007

Kementerian Kesehatan. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.58 Tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Puskesmas. Jakarta. 2007.

Downloads

Published

2020-01-17

How to Cite

Ulina, Y. I., Darmana, A., & Aini, N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat tidak memanfaatkan jamban di Desa Aek Kota Batu. Jurnal Prima Medika Sains, 1(1), 40-48. Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JPMS/article/view/747

Issue

Section

Original Article