Pengaruh daya tanggap dan kehandalan terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan di RSU Royal Prima Medan

Authors

  • Christian Siuwandy Bu'ulolo Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Edlin Edlin Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Tan Suyono Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Ermi Girsang Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Mutu pelayanan, kepuasan pasien, rawat jalan

Abstract

Data kunjungan pasien umum rawat jalan RSU Royal Prima Medan pada bulan Februari - Agustus 2018 menunjukkan bahwa adanya penurunan jumlah kunjungan pasien umum rawat jalan. Penurunan jumlah kunjungan pasien tersebut dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah mutu pelayanan kesehatan yang mengakibatkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tanggap dan kehandalan terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan di RSU Royal Prima Medan dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan cross-sectional dan jumlah responden sebanyak 89 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu pelayanan sebesar 97,2 % kepuasan pasien dengan signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kehandalan dengan nilai signifikan 0,0028 terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan di RSU Royal Prima Medan.

References

Undang-Undang Republik Indonesia No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit

Sangadji EM, Sopiah. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta. 2013.

Latupono A, Maidin MA, Zulkifli. Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Masohi Tahun 2014. JST Kesehatan Vol. 5 No.1. p 74-81. 2014.

Wijono D. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Volume II, Airlangga Press; 1999.

Lupiyoadi R, Hamdani A. Manajemen Pemasaran Jasa, 2 ed. Salemba. Jakarta; 2006

Wira D, Suarjana IK, Wijaya IPG. The Relationship between Inpatient Expectations of Staff Responsiveness and Empathy with Inpatient Satisfaction at Wangaya District Hospital Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive. Vol.2, No.2: 116-120; 2014.

Pasaribu J. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Aek Kanopan Labuhan Batu Utara Tahun 2016. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 2016.

Hastuti KW, Mudayana AA, Nurdila AP, Hadiyatma D. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di RSUD Yogyakarta. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Volume 11 Issue 2 pp. 161-168 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta. 2017.

Pohan IS. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar dan Penerapan. EGC. Jakarta; 2007.

Ndambuki J. The Level of Patients Satisfaction and Perception On Quality of Nursing Service In The Renal Unit, Kenyatta National Hospital Nairobi, Kenya. Journal Medicine and Health Care Vol. 3 No.2; 2013.

Bata YW, Arifin MA, Darmawansyah D. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Lakipada Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Universitas Hasanuddin; 2013.

Downloads

Published

2019-10-25

How to Cite

Bu’ulolo, C. S., Edlin, E., Suyono, T., & Girsang, E. (2019). Pengaruh daya tanggap dan kehandalan terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan di RSU Royal Prima Medan. Jurnal Prima Medika Sains, 1(1), 18-22. Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JPMS/article/view/734