Pengaruh senam terhadap skala insomnia pada lansia di Panti Jompo Karya Kasih Kota Medan

Authors

  • Adnan Akbar Lubis Fakutas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Sunny Puspita Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Meldawati Meldawati Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jpms.v2i2.1256

Keywords:

Insomnia, sleep quality, elderly gymnastics

Abstract

Pada lansia, kualitas tidur pada malam hari mengalami penurunan menjadi sekitar 70-80% sedikit efektif dari usia dewasa. Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur walaupun ada keinginan untuk melakukannya. Lansia rentan terhadap insomnia karena adanya perubahan pola tidur. Keluhan insomnia mencakup ketidakmampuan untuk tertidur, sering terbangun, ketidakmampuan untuk kembali tidur, dan terbangun pada dini hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam terhadap skala insomnia pada lansia di Panti Jompo Karya Kasih Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. pretest-posttest without control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usia bahwa paling banyak responden berusia 61-70 tahun di Panti Jompo Karya Kasih Medan. Berdasarkan jenis kelamin paling banyak perempuan di Panti Jompo Karya Kasih Medan. Hasil uji analisis dijumpai  nilai p 0,001 yang artinya signifikan adanya perbedaan yang signifikan tingka insomnia sebelum dan sesudah dilakukan senam lansia di Panti Jompo Karya Kasih Medan.

References

Tamher S, Noorkasiani. Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta. 2009.

Kementerian Kesehatan. Buletin Lansia: Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Kementerian Kesehatan. Jakarta. 2013.

Stanley M, Beare PG. Buku Ajar Keperawatan Gerontik Edisi 2. Penerbit EGC. Jakarta. 2007.

Retnaningsih D, Apriana R, Mariyati. Pengaruh Senam Lansia Terhadap Skala Insomnia Pada Lansia di Panti Wredha Harapan Ibu Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Ners Widya Husada Vol. 2 No.1: 2015.

Sumedi T, Wahyudi, Kuswati A. Pengaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Skala Insomnia Ada Lansia di Panti Wredha Dewanata Cilacap. Jurnal Keperawatan Soedirman Vol. 05 No. 1: 2010.

Danirmala D, Arian P. Angka Kejadian Insomnias Pada Lansia di Panti Tresna Werdha Wana Seraya Denpasar Bali Tahun 2015. Jurnal Medika Udayana Vol.8 No.1: 2019.

Nugroho W. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta. 2010.

Mahardika J, Haryanto J, Bakar A. Hubungan Keteraturan Mengikuti Senam Lansia Dan Kebutuhan Tidur Lansia di UPT PSLU Pasuruan di Babat Lamongan. Indonesian Journal of Community Health Nursing Vol.1 No.1: 2012.

Hidayat BUA. Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro. Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. 2011.

Susanti L. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Insomnia di Poliklinik Saraf RS DR. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas Vol. 4 No. 3: 2015.

Sari E, Halawa A. Senam Lansia Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lansia di Panti Werdha Usia Anugerah Surabaya. Seminar Nasional dan Workshop Publikasi Ilmiah “Strategi Pengembangan Profesionalisme Perawat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Publikasi Ilmiah”. STIKES RS Baptis Kediri. 2017.

Downloads

Published

2020-11-02

How to Cite

Lubis, A. A., Puspita, S. ., & Meldawati, M. (2020). Pengaruh senam terhadap skala insomnia pada lansia di Panti Jompo Karya Kasih Kota Medan. Jurnal Prima Medika Sains, 2(2), 37-41. https://doi.org/10.34012/jpms.v2i2.1256

Issue

Section

Original Article