PELAKSANAAN HYGENE DAN SANITASI PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG

Authors

  • Muhammad Syahril Ilmu Kesehatan Masyarakat Institut Kesehatan Helvetia
  • Mappeatty Nyorong Ilmu Kesehatan Masyarakat Institut Kesehatan Helvetia
  • Nur Aini Ilmu Kesehatan Masyarakat Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v2i1.895

Keywords:

Hygiene dan Sanitasi, Penjamah, Alat, Air Baku dan Standar Lokai

Abstract

ABSTRAK

 

Depot air minum isi ulang merupakan salah satu kegiatan usaha yang mengarah kepada air bersih untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat dan juga memenuhi gaya hidup masyarakat sekarang yang mengutamakan kepraktisan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek pelaksanaan depot isi ulang di Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed  Kabupaten Aceh Tamiang  sesuai dengan hygiene serta sanitasi. Jenis penelitian ini merupakan survei analitik dengan rancangan cross sectional study. Penelitian dilakukan di Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed  Kabupaten Aceh Tamiang dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 62 seluruh pemilik depot air minum sebanyak 31 orang dan pekerja (penjamah) depot air minum. Untuk menganalisis data tersebut digunakan uji regresi logistik.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hygiene dan sanitasi Air minum isi ulang di Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang berhubungan dengan penjamah  (p=0,233), air baku (p=0,012), sedangkan standar lokasi dan  alat tidak berhubungan dengan hygiene dan sanitasi Air minum isi ulang di Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penjamah, air baku, berhubungan dengan hygiene dan sanitasi Air minum isi ulang di Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Sehingga adapun saran dalam penelitian ini diharapkan agar menjadi informasi bagi masyarakat mengenai hygiene dan sanitasi pada depot air minum isi ulang di Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang agar lebih bijak dalam memilih depot air minum.

References

Effendi, Hefni. Telaah kualitas air, bagi pengelolaan sumber daya dan lingkungan. Kanisius; 2013.

World Health Organization. Definition, diagnosis and classification of waterclean: report of a WHO consultation. Part 1,. No. WHO/NCD/NCS/99.2. Geneva: World health organization; 2019.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Pengendalian, dan Penyehatan Lingkungan. Pedoman nasional pengendalian penyakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia 6 ; 2017.

Asmadi, Khayan, Kasjono H.S. Pengolahan Air Minum. Gosyen Publishing. Yogyakarta; 2016.

Wandrivel, Rido, Netty Suharti, and Yuniar Lestari. Kualitas air minum yang diproduksi depot air minum isi ulang berdasarkan persyaratan mikrobiologi. Jurnal Kesehatan 1.3; 2012.

Departemen Kesehatan, R. I. Permenkes No. 492/Menkes/Per/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2010

Downloads

Published

2022-02-04