PENGARUH PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN

Authors

  • Nelly Murni Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Asriwaty Asriwaty Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Nur'aini Nur'aini Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v2i1.890

Keywords:

Pelayanan, Puskesmas, Keparmasian, Kepuasan Pasien

Abstract

ABSTRAK

 

Mutu pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kepuasan pasien dapat memengaruhi derajat kesehatan dan kesejahteraan masyaraka, karena pasien yang merasa puas akan mematuhi pengobatan dan mau datang berobat kembali. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahuipengaruh penerapan standard pelayanan kefarmasian di puskesmas terhadap peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Belawan Kota Medan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan surveianalitik dengan rancangan cross sectional study. Lokasi penelitian ini dilakukan di Puskesmas Belawan Kota Medan. Populasi penelitian yaitu seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung ke  Puskesmas belawan Kota Medan periode tahun  2019. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 orang diperoleh dengan teknikpurposive sampling. Data hasil survey dianalisis dengan menggunakan uji chi-square dan regeresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Ada pengaruh pengkajian resep terhadap peningkatan kepuasan pasien, ada pengaruh Pelayanan Informasi Obat terhadap peningkatan kepuasan pasien, ada pengaruh konseling terhadap peningkatan kepuasan pasien, ada pengaruh Monitoring Efek Samping Obat di rumah terhadap peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Belawan Kota Medan, ada pengaruh pemantauan terapi obat terhadap peningkatan kepuasan pasien, ada pengaruh Evaluasi Penggunaan obat terhadap peningkatan kepuasan pasien, adapun variabel yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Belawan Kota Medan adalah variabel pelayanan informasi obat.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengkajian resep, Pelayanan Informasi Obat, konseling, Monitoring Efek Samping Obat, pemantauan terapi obat, Evaluasi Penggunaan obat berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Belawan Kota Medan. Adapun saran bagi penelitian ini yaitu diharapkan hasil penelitian ini diharapkan meningkatkan penerapan standard pelayanan kefarmasian sehingga  kepuasan pasien meningkat.

References

Zeithaml VA, Berry LL, Parasuraman A. The behavioral consequences of service quality. Jurnal Marketing. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA; 2006;60(2):31–46.

Organiation WH. Farmasi Encounter Survey. Administrative system of the Marathas. University Calcutta. 2018.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Kementeri Kesehatan Republik Indonesia Jakarta. 2016.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera UtaUtara. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Gerak MasyarakatHidup Sehat. 2018.

Badan Pusat Statistik. Profil Puskesmas Belawan dalam Angka. 2018. https://padangsidimpuankota.bps.go.id/Kotler P, Armstrong G. Principles of marketing. Pearson education; 2010.

Downloads

Published

2022-02-04