PENGARUH FAKTOR PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN JAMBAN CEMPLUNG

Authors

  • Khairani Murni Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Mappeaty Nyorong Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Anto Anto Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v2i1.888

Keywords:

pengetahuan, sikap, prilaku, jamban cemplung

Abstract

ABSTRAK

Jamban yang tidak sehat dapat membawa efek terhadap penurunan tingkat kesehatan Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhan Batu Selatan  tahun 2019, di ketahui bahwa cakupan PHBS di kabupaten Labuhan Batu Selatan untuk ketersediaan jamban sehat hanya sebesar 52,7%, adapun tujuan peneitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Faktor  perilaku terhadap penggunaan jamban cemplung di desa sisumut kecamatan kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu  Selatan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Lokasi penelitian ini dilakukan di desa Sisumut kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu  Selatan. Waktu Penelitian berlangsung mulai bulan September sampai dengan oktober 2019. Populasi penelitian yaitu seluruh kepala keluarga di desa Sisumut kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan dengan jumlah sebanyak 290 kepala keluarga. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 37 orang. Data hasil survey dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dan regresi logistik.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), ketersediaan akses (p=0,000) berpengaruh terhadap penggunaan jamban cemplung di Desa Sisumut Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu  Selatan.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap dan ketersediaan akses berpengaruh terhadap penggunaan jamban cemplung di Desa Sisumut Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu  Selatan, Sehingga adapun saran dalam penelitian ini diharapkan agar membuat program penyuluhan tentang pemanfaatan jamban cemplung kepada masyarakat.

References

Kementerian Kesehatan. Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Kementerian Kesehatan, Jakarta; 2018. 78 p.

World Health Organization, Sanitation and Environment health: 2018.

Sanitasi Bersih Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara; 2019.

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Profil Kesehatan Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tahun 2019.

Lawrence G. Health Education A Diagnosis Approach, The John Hopkins University: Mayfield Publishing Co; 2011.

Chandra, B. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta; 2013.

Kholid, Ahmad. Promosi Kesehatan dengan pendekatan teori prilaku, media, dan aplikasinya. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT). Jakarata : Rajawali Pers;2012.

Kurniawati, Linda Destiya; Windraswara, Rudatin. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Kepala Keluarga dalam Pemanfaatan Jamban di Pemukiman Kampung Nelayan Tambaklorok Semarang. Public Health Perspective Journal. 2017; 2.1.

Downloads

Published

2022-02-04