Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Anak Kelas 3 di SD Swasta Taman Harapan

Authors

  • Masni Masni Prodi D3 Keperawatan STIKes Indah Medan
  • Tisnilawati Tisnilawati Program Studi S1 Kebidanan STIKes Senior Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i1.4754

Abstract

Latar belakang : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga mampu menolong diri sendiri untuk kesehatan.Pemerintah mencanangkan Program pembinaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang berjalan sekitar 15 tahun, namun keberhasilannya masih jauh dari harapan1

Tujuan : Untuk Mengetahui Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Anak Kelas 3 Di SD Swasta Taman Harapan Jalan M.Nawi Harahap Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Tahun 2023.

Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik dengn rancangan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 36 siswa/i SD Swasta Taman Harapan. Pengambilan data dilakukan dengan total sampling. Data yang digunakan yaitu data primer  dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner  dan di sajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi di bahas sesuai dengan teori dan study pustaka yang ada.

Hasil penelitian : Berdasarkan karakteristik, umur responden mayoritas 13 orang (36,1%), berdasarkan jenis kelamin mayoritas laki laki sebanyak 19 orang (52,8%).Berdasarkan perilaku mencuci tangan mayoritas responden tidak menggunakan air mengalir sebanyak 30 orang (83,3%), berdasarkan perilaku menkonsumsi makanan sehata mayoritas responden tidak menkonsumsi makanan sehat sebanyak 20 orang (55,6%), dan tidak membuang sampah pada tempatnya sebanyak 22 orang (61,1%) dan riwayatkejadian diare pada responden sebanyak 33 orang (91,7%). Berdasarkan  analisa bivariat terdapat hubungan antaratidak  mencuci tangan dengan kejadian diare sebanyak  27 orang (96,2%), terdapat hubungan antara diare dan menkonsumsi makanan tidak sehat sebanyak 19 orang (70,3 %) dan terdapate kejadian diare dengan membuang sampah sembarangan sebanyak 19 (70,3%).

Kesimpulan : Hasil perhitungan statistik yaitu pvalue (0,000) < p-value alpha/ α (0,05) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang bermakna antara PHBS anak sekolah dengan kejadian diare. Diharapkan kepada siswa/i untuk selalu menerapkan perilaku PHBS sehari hari agar tidak terjadi diare.

 

Downloads

Published

2024-01-30