FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA NELAYAN UDANG DI BELAWAN SICANANG MEDAN BELAWAN

Authors

  • Perry Boy Chandra Siahaan UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
  • Putri Yunita Pane UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
  • Hamidah Rizki UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v3i2.1791

Keywords:

Low back pain, age, work attitude, years of work

Abstract

Occupational health is a part of public health or public health applications in a working society and community in the workplace environment, which aims to improve work productivity and the highest degree of health. Low back pain or Low Back Pain is pain that is felt in the lower back region, between the corners of the lowest ribs to the sacrum. The working conditions of shrimp fishermen in Belawan Sicanang Medan Belawan who can cause lower back pain are the focus of this study. This research use cross sectional method and Rapid Entire Body Assessment (REBA) for ergonomic assessment process. The results of this study indicate a relationship to three aspects in Shrimp Fishermen workers namely age, work attitude, and years of work. Meanwhile there are two variables that have no relationship with lower back pain, namely Body Mass Index (BMI) and smoking habits.

References

Bagi nelayan udang pada faktor umur >35 tahun dan mengalami keluhan nyeri punggung bawah disarankan untuk melakukan istirahat agar otot yang kaku dapat kembali normal. Istirahat dapat dilakukan selama beberapa jam maupun hari sampai kemungkinan untuk bekerja. Jika keluhan nyeri tidak berkurang atau semakin parah disarankan untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan secara medis.

Bagi nelayan udang yang memiliki masa kerja lebih dari >5 tahun disarankan untuk menyesesuaikan waktu kerja dengan standar jam kerja maksimal, sehingga tidak menyebakan keluhan Keluhan Nyeri punggung bawah

Bagi nelayan yang sikap kerjanya tidak baik/tidak sesuai ergonomi agar menyesuaikan sikap kerja dan gerakan yang di butuhkan dengan keadaan tubuh pekerja maupun alat kerjanya.

Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih dalam tentang Keluhan nyeri punggung bawah meneliti variabel-variabel lain yang kemungkinan memiliki pengaruh dengan keluhan nyeri punggung bawah yang tidak teliti pada penelitian ini, seperti variabel pekerja kebiasaan olahraga, dan psikososial (kepuasan kerja, stress dan organisasi kerja).

DAFTAR PUSTAKA

Suma’mur. (2009). Hiegiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja. CV Sagung Seto.

Kementrian Kesehatan RI. 2008. Low Back Pain (LBC). http://yankes.kemenkes.go.id/read-low-back-paint-lbp520.html.[diakses 15 mei 2019]

Deli Sulvici, dkk. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhanlow Back Painpada Petani Jeruk Di Desa Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Usu. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia 2018

Atthariq Wahab. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Nelayan di Desa Batu Karas Kecamatan Cijulang Pangandaran. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Savitri ilva dkk. (2015). HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MEMBATIK DENGAN GANGGUAN SISTEM MUSKULOSKELETAL PADA PENGRAJIN BATIK TULIS. Media Medika Muda, Volume 4,.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Syarlina dkk. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengrajin Gerabah Di Lingkungan Sandi Kelurahan Pallantikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, Vol. 19 No.

Sumarty Amalia Masloman dkk. (2018). Hubungan Antara Umur Dan Sikap Kerja Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Kelompok Nelayan Di Desa Kalasey Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. KESMAS, Vol. 7 No

Siti Harwanti dkk. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Low Back Pain (LBP) Pada Pekerja Di Home Industri Batik Sokaraja Kabupaten Banyumas. KESMAS Indonesia, Volume 10.

Brenda Umboh dkk. (2019). Hubungan Antara Karakteristik Individu Dengan Keluhan Nyeri Punggung bawah Pada Perawat Di Ruangan Rawat Inap Rsu Gmim Kasih Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.

Hanif Riningrum dkk. (2016). Pengaruh Sikap Kerja, Usia, Dan Masa Kerja Terhadap Keluhan Low Back Pain. Pena Medika, Vol. 6, No.

Novia Triwulandari dkk. (2019). Hubungan Usia Dan Durasi Lama Duduk Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pembati Di Kampung Batik Giriloyo. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (JIF), Volume 2 n.

Eko Arma Rohmawan dkk. (2017). Masa Kerja, Sikap Kerja, Dan Keluhan Low Back Pain Pada Pekerja Bagian Produksi PT Surya Besindo Sakti Serang. IKAKESMADA.

Ida Astuti dkk. (2019). Nyeri Punggung Bawah Serta Kebiasaan Merokok, Indeks Masa Tubuh, Masa Kerja Dan Beban Kerja Pada Pengumpul Sampah. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sain (JIKS), Vol. 1 No.

Rasyidah Az dkk. (2019). Masa Kerja, Sikap Kerja Dan Jenis Kelamin Dengan Keluhan Low Back Pain. REAL in Nursing Journal (RNJ), Volume 2,.

Sri Karyati dkk. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan LBP Pada Perawat Di Ruangan Rawat Dalam Dan Bedah Rumah Sakit Umum Daerah RAA Soewondo Pati. University Research Colloqium.

Kursiah Warti Ningsih. (2017). Keluhan Low Back Paint Pada Perawat Rawat Inap Rsud Selasih Pangkalan Kerinci. IPTEKS TERAPAN.

Dede Yeni Fristi dkk. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Di Cv Prancis Jaya Desa Mekar Sari Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, Vol 3 No.

Lia Dheka Arwinno. (2018). Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Penjahit Garmen. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT.

Septyan Pratama dkk. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Terhadap Postur Kerja Denga Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengemudi Bus Pusaka Di Terminal Baranangsiang Kota Bogor. PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Vol. 2 No

Fikri Fahmi Amrulloh dkk. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Sopir Bus Antar Kota Propinsi PO. Nusantara Trayek Kudus-Jakarta. JKM, Volume 5,.

Ruli Syukran Maulan dkk. (2016). Hubungan Indeks Masa Tubuh (IMT) Dengan Tingkat Nyeri Pada Penderita Low Back Pain (LBP) Di Poliklinik Saraf Rsud dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Biomedis, Volume 1 N.

Manda Sub Jakaria Koteng dkk. (2019). Hubungan Faktor Risiko Individu Dan Ergonomi Dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Pengguna Game Online. MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT, Vol. 1 No.

Hardi Susanto dkk. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Perawat Di Rumah Sakit X Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Ni Komang Sri Padmiswari B dkk. (2017). Hubungan Sikap Duduk Dan Lama Duduk Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengrajin Perak Di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. E-JURNAL MEDIKA, VOL. 6 NO.

Meilani Patrianingrum dkk. (2015). Prevalensi Dan Faktor Risiko Nyeri Punggung Bawah Di Lingkungan Kerja Anestisiologi Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung. Jurnal Anestesi Perioperatif, Volume 3

Downloads

Published

2022-02-04

Issue

Section

Articles