Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur di BEI

Main Article Content

VALENCIA SHELINZKY
Cindy Lovianny
Callista Ongko
Jholant Bringg

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh solvabilitas, free cash flow, struktur aset, dan kepemilikan manajerial terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kausal dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Jumlah perusahaan yang diteliti adalah 15 perusahaan dengan total sampel sebanyak 45 sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, solvabilitas dan kepemilikan manajerial mempengaruhi kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Free cash flow dan struktur aset secara parsial tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2020. Solvabilitas, free cash flow, struktur aset, dan kepemilikan manajerial berpengaruh secara stimultan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2018-2020.

Article Details

How to Cite
SHELINZKY, V., Lovianny, C., Ongko, C., & Br Sinaga, J. B. L. A. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Akuntansi Prima, 4(2), 82-93. https://doi.org/10.34012/japri.v4i2.3174
Section
Articles

References

The purpose of this study was to examine the effect of solvency, free cash flow, asset structure, and managerial ownership on debt policy in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. This study applies a causal research method with a purposive sampling technique. The number of companies studied were 15 companies with a total sample of 45 samples.

The results of this study indicate that partially, solvency and managerial ownership affect the debt policy of manufacturing companies listed on the IDX in 2018-2020. Partially, free cash flow and asset structure have no effect on the debt policy of manufacturing companies listed on the IDX in 2018-2020. Solvency, free cash flow, asset structure, and managerial ownership have a simultaneous effect on debt policy for manufacturing companies on the IDX in 2018-2020.