PENGARUH JANGKA WAKTU, SUKU BUNGA DAN JAMINAN PINJAMAN TERHADAP BESARNYA KREDIT MACET

Main Article Content

Rifqah Harahap rifqah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka waktu, suku bunga dan jaminan pinjaman terhadap besarnya kredit macet pada PT. Bank Sumut KCP Setia Budi Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu nasabah kredit macet pada periode 2018-2020 sebanyak 263 kredit macet. Sampel penelitian 109 kredit macet yang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melihat dokumen di PT. Bank Sumut KCP Setia Budi Medan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial jangka waktu, suku Bunga dan jaminan pinjaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap besarnya kredit macet. Secara simultan jangka waktu, suku bunga dan jaminan pinjaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap besarnya kredit macet. Pada pengujian koefisien determinasi adjusted R square sebesar 82.8% variabel besarnya kredit macet dipengaruhi jangka waktu,suku bunga dan jaminan pinjaman. 

Article Details

How to Cite
rifqah, R. H. (2022). PENGARUH JANGKA WAKTU, SUKU BUNGA DAN JAMINAN PINJAMAN TERHADAP BESARNYA KREDIT MACET . Akuntansi Prima, 4(1), 73-80. https://doi.org/10.34012/japri.v4i1.2558
Section
Articles

References

REFERENSI

Amir, Rismawanti.2019. Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Jangka Waktu Pinjaman terhadap Kredit Macet pada KSU Mitra Setia Desa Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.

Baso, K., & Agam, K. (2016). Analisis Persepsi Nasabah terhadap Faktor-Faktor yang

mempengaruhi Kredit Macet pada PT.Bank Perkreditan Rakyat(BPR) Padang Tarab Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Vol. XX, No. 2, September 2016. XX(2)

Bitar,(2019). Pengertian, Tujuan dan Macam Kredit beserta Fungsi. https://www.gurupendidikan.co.id. 25 April 2020 (20:5

Dewi, Intan Laksmi. 2020. Pengaruh Jangka Waktu, Suku Bunga, Jaminan, Pemberian Kredit dan Karakter Terhadap Kredit Macet pada LPD Kabupaten Kelungkung.

Diah, Made dan Suryanawa. 2016. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Profesi Nasabah Kredit, Efektivitas Badan Pengawas pada Non Performing Loan pada LPD Denpasar.

Gustifa, Rini. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kredit Macet pada Koperasi Simpan Pinjam Bhineka di Kota Padang. Indonesia, Ikatan Bankir. (2015). Bisnis Kredit Perbankan.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Kasmir. (2013). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, (2010).

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Pahlevi, M.R. 2018.Pengaruh Suku Bunga dan Jangka Waktu terhadap Kredit Macet pada PT. BPR Prima Dana Abadi Palembang.

Rifatul, Z.K. 2019.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Macet pada Koperasi Simpan Pinjam di KUD Sembada Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.

Rivai, Veithzal. 2017. Islamic Financial Management: Teori, Konsep dan Aplikasi Panduan Praktis untuk Lembaga Keuangan, Nasabah, Praktisi dan Mahasiswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan KualitatifR&D.Bandung: Alfabeta

Sunariyah.2013. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIMYKP.

Sutarno. 2009. Aspek-aspek Hukum Perkreditan Pada Bank. Bandung: Alfabeta.

Thamrin, Aswar H. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi KreditBermasalah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Salo Kabupaten Pinrang.

Zulbiah, S &Rodhiyah . 2017. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kredit bermasalah pada nasabah kredit PD.BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun Cabang Bojonegoro. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro.