PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Authors

  • Universitas Prima Indonesia, Medan UNPRI

Keywords:

FKIP

Abstract

Penggunaan  daya  komputasi  dan  data  yang  tidak  terbatas  akibat
perkembangan  internet  dan  teknologi  digital  yang  masif  di  era  revolusi
industri 4.0  menyebabkan  segala  hal  menjadi  tanpa batas  (borderless).  Era
ini  mendisrupsi  berbagai  aktivitas  manusia,termasuk  di  dalam  bidang
pendidikan,  tanpa  kecuali  bidang  pendidikan  dan  pembelajaran  bahasa
Indonesia.  Untuk  itu  perlu  transformasi  pendidikan.  Sistem  sekolah  dan
pendidikan  tinggi  diharapkan  mampu  memberikan  bekal  kepada
siswa/mahasiswa  untuk  memiliki  keterampilan  yang  dibutuhkan  oleh
revolusi industri 4.0, yakni kemampuan teknis, kreativitas, dan pemecahan
masalah  yang  inovatif.  Untuk  mewujudkannya  guru  memiliki  peran  yang
sangat  strategis.  Guru  dituntut  mampu  memahami  karakteristik  siswa
zaman  sekarang,   merespon  kebutuhan  siswa,   menghindari  disorientasi
dalam pembelajaran, mereduksi benturan kecerdasan dalam pembelajaran,
merancang  dan  menggunakan  model  pembelajaran  yang  inovatif,
memfasilitasi siswa untuk mampu berkinerja (mahir berbahasa  Indonesia)
dan  mampu  menghasilkan  karya-karya  kreatif  dan  inovatif  dalam  bidang
bahasa dan sastra Indonesia

Downloads

Published

2019-03-26

Issue

Section

Articles