MONOGRAF UJI EFEKTIVITAS DAYA HAMBAT EKSTRAK CACING TANAH Lumbricus rubellus DAN Pherettima Sp TERHADAP BAKTERI Salmonella typhi DAN Staphylococcus aureus

Authors

  • Sriwahyuni Nasution Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Monograf, Lumbricus rubellus, Pherettima Sp, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus

Abstract

Puji dan syukur kepda Tuhan Yang Maha Esa segala karunia dan rahmat yang telah diberikannya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku monogrof ini. Buku monogrof ini dengan judul “Uji efektivitas daya hambat ekstrak cacing tanah Lumbricus rubellus dan Pheretima sp terhadap  bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus”. Ekstrak cacing tanah Lumbricus rubellus dan Pheretima sp mempunyai efektivitas daya hambat terhadap bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus dan Berdasarkan klasifikasi zona hambat, ekstrak cacing tanah Lumbricus rubellus dan Pheretima spmulai menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureuspada konsentrasi 20% dengan respon daya hambat sedang. Berdasarkan klasifikasi zona hambat, ekstrak cacing tanah Lumbricus rubellus dan Pheretima Sppaling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureuspada konsentrasi 100% dengan respon daya hambat kuat.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan buku ini, oleh karenanya kritik, saran, dan masukan untuk menyempurnakan buku ini penulis mengharapkannya.

Downloads

Published

2022-10-07

Issue

Section

Articles