TINDAK TUTUR DIREKTIF IMAM KATOLIK PADA RITUS PENGAKUAN DOSA DAN PENERAPAN PENITENSI OLEH UMAT KATOLIK DI KOTA MEDAN

Authors

  • Ermina Waruwu universitas prima idonesia

Abstract

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena buku Tindak Tutur Direktif Imam Katolik Pada Ritus Pengakuan dan Penerapan Penitensi Oleh Umat Katolik Di Kota Medan telah selesai disusun dengan baik. Latar belakang penyusunan buku ini ialah masih minimnya umat katolik untuk melakukan pengakuan kepada Imam baik secara kuantitas maupun secara kualitas.
Anyaman buku ini secara garis besar berisikan dan menguraikan tentang tindak tutur direktif imam-imam Katolik Conventual kepada umat Katolik terkait pengakuan dosa.Secara direktif para imam Conventual secara positif telah menyampaikan tuturan direktif secara baik.Tuturan direktif tersebut bersifat meminta, mengajak, menyarankan, seruan dan mengharapkan.Selanjutnya buku ini berisikan tentang penerapan penitensi oleh umat Katolik khususnya di Kota Medan dimana umat wilayah Conventual sebagai representasinya. Penerapan penitensi yang telah dilakukan umat dalam bentuk doa, derma, karya amal dan pelayanan, pantang secara suka rela dan berkorban. Akhirnya, baik para imam dan umat Katolik merekomendasikan agar katekese atau pengajaran tentang pengakuan dosa dilaksanakan di tengah-tengah umat agar ada peningkatan umat dalam mengaku dosa baik secara kuantitas dan kualitas.
Buku ini disusun dengan masukan berbagai pihak terkait tentang topik buku ini.Termasuk juga inspirasi dari pertemuan-pertemuan ilmiah dimana data-data ilmiah perlu disusun dengan baik dalam sebuah dokumen seperti buku. Oleh karena itu, kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan buku ini dengan baik.
Ucapan terimakasih kami ucapkan terutama kepada:
1. Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia (RISTEK/BRIN RI) yang telah mengadakan program penelitian skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) bagi kami, tenaga pendidik di Universitas Prima Indonesia, Medan.
2. Universitas Prima Indonesia melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) telah menyediakan peluang dan memberikan arahan dan bimbingan bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian dengan skema penelitian dosen pemula (PDP).
3. Seluruh para Imam Conventual dan umat Katolik di kota Medan, khususnya wilayah ke-5 paroki pelayanan Conventual yang telah memberikan informasi terkait pelaksanaan pengakuan dosa.
4. Semua pihak tanpa disebutkan nama satu persatu yang telah ikut membantu melancarkan dan merampungkan hasil penelitian.
Kami menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna, masih perlu peningkatan mutu.Karena itu saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak sangat kami butuhkan.

Downloads

Published

2021-09-28