REALISASI KONTEKS SOSIAL PADA INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 MEDAN

Authors

  • Ariani Perangin-angin Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.598

Keywords:

Konteks Sosial, Interaksi, Guru, Siswa

Abstract

Proses komunikasi atau pemakaian bahasa dalam interaksi antara guru dan siswa di kelas banyak kejadian yang menarik untuk diteliti. Penelitian tentang interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan, mengingat maraknya kasus ketidakperdulian siswa terhadap guru pada saat proses pembelajaran dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam lagi tentang “Realisasi Konteks Sosial Pada Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Medan. Data dalam penelitian ini adalah data verbal berupa unit linguistik dalam bentuk kata, frasa, klausa dan kalimat  yang diperoleh dari ujaran guru yang telah di transkripsikan oleh peneliti dengan menggunakan teknik catat. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014). Miles. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa konteks sosial yang direalisasikan pada saat proses pembelajaran meliputi 1) Konteks Sosial : Atensi Siswa dan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Medan; 2) Konteks Sosial : Retensi Siswa dan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Medan; 3) Konteks Sosial : Memproduksi Gerak Motorik Siswa dan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Medan; 4) Konteks Sosial : Ulangan – Penguatan dan Motivasi Siswa dan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Medan. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan agar guru memiliki powerfull dan selalu memberikan pendidikan dengan menggunakan bahasa dua arah, gestur yang menarik dan sesuai dengan tema pembelajaran, serta gaya bahasa yang tegas agar siswa yang berada dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Perangin-angin, A. (2019). REALISASI KONTEKS SOSIAL PADA INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 MEDAN. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 120-126. https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.598