PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEINTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) OLEHSISWA KELAS VIII-BMTS FASTABIQUL KHAIROT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Authors

  • dian syah syahfitri universitas prima indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v1i1.467

Keywords:

Unsur Intrinsik Naskah Drama, Model Pembelajaran CIRC

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. Selain itu, siswa juga kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses dan kualitas hasil peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini, seluruh siswa diberikan tugas kelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penulis dapat simpulkan sebagai berikut: (1) dengan menggunakan model pembelajaran CIRC proses pembelajaran menjadi efektif, proses belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya; (2) siswa aktif dalam proses pembelajaran; (3) siswa mampu bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar dengan baik; (4) dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 65,75, kemudian di siklus ke-II siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 80,4.

Downloads

Published

2019-04-16