PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MATERIAL REQUIRMENT PLANNING PRODUK KERIPIK KENTANG

Authors

  • Briyan Nomianta universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.34012/agroprimatech.v5i2.2635

Keywords:

Peramalan, Material Requiremen Planning (MRP), Persediaan

Abstract

  1. Cita Mandiri merupakan perusahaan agroindustri berskala kecil dan menengah yang memproduksi dan memasarkan produk olahan makanan ringan atau cemilan berupa keripik, stik, opak dan sari buah. Penelitian ini bertujuan mengetahui perencanaan persediaan bahan baku dan peramalan jumlah produksi perusahaan. Metode penentuan responden yaitu purposive sampling dengan teknik key informant yaitu pemilik perusahaan. Analisis menggunakan metode peramalan berfungsi untuk optimalisasi ketersediaan bahan baku di masa yang akan datang dan MRP (Material Requirement Planning) berfungsi untuk meminimalkan harga yang dikeluarkan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan metode peramalan dengan moving averages dengan menggunakan aplikasi POM QM forWindows Versi 3, MAD (Mean Absolute Deviation) 15,6, MSE (Mean Squared Error) 530,3, dan MAPE (Mean Absolute Percent Error) 0,11. Diketahui hasil data peramalan diperoleh satu tahun sebelumnya pada bulan Januari sampai Desember 2017 untuk total produksi sebesar 258,52 kg sehingga perusahaan dapat merencanakan yang baik dalam pemenuhan persediaan bahan baku.

References

Ewing, E.E., and R. E. K. (1982). Limiting factors to the extension of potato into non-traditional climates. Research for the Potato in the Year 2000.

Fahmi, S. (2015). Pengendalian Persediaan Bahan Dengan Menggunakan Metode EQQ pada UD. Adi Mabel. Jurnal Teknovasi, 02, 1–11.

Gaspersz, V. (2004). Production Planning and Inventory Control (Keempat). Gramedia.

Handoko, T. H. (1984). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE.

Handoko, T. H. (2000). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi Yogyakarta. BPFE.

Heizer, J. dan B. R. (2010). Manajemen Operasi. Salemba Empat.

Rangkuti, F. (1995). Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Manajemen Persediaan: Aplikasi Di Bidang Bisnis.

Rovianty, A. N. (2007). Analisis Peranan Material Requirement Planning Untuk Produk Kursi Benelux Pada CV Aksen Rattan Cirebon. Universitas Widyatama.

Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Wibowo, S. (2007). Manajemen Produksi. BPFE.

Downloads

Published

2022-04-26