ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN KOTA PINANG, KAB. LABUHANBATU SELATAN

Authors

  • Laura Juwita Pinem Universitas Prima Indonesia

Keywords:

minyak goreng, bimoli, analisis faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng dalam kemasan merek Bimoli serta proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif Kualitatif. Alat yang digunakan adalah kuisioner yang dianalisis menggunakan Analisis Faktor. Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS VERSI 22. Rata-rata usia responden didominasi oleh usia 31-40 tahun sebesar 47 persen , dengan klasifikasi pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sebesar 37 persen. Tingkat pendidikan responden didominasi oleh latar pendidkan SMU/Sederajat sebesar 34 persen. Pendapatan dan pengeluaran responden rata-rata adalah sebesar Rp. 3.000.000- Rp 5.000.000. Pada tahap pengambilan keputusan, Sebanyak 47% responden membeli minyak goreng Bimoli adalah karena mutu produk, dengan manfaat  yang  dicari  adalah  sebagai  gaya  hidup  sehat sebanyak 66%. Sebanyak 63% responden responden melakukan pembelian dengan direncanakan. Seluruh  responden  merasa  puas  dan  ingin membeli Bimoli kembali. Jika minyak goreng Bimoli yang akan dibeli tidak tersedia maka 88 % responden akan membeli minyak goreng merek lain dan jika terjadi kenaikan harga 62 % responden akan tetap mencari merek lain yang lebih murah. Hasil dari analisis faktor membentuk 6 faktor yang mempengaruhi, yaitu Psycho Sosiologis, Psycho Demografis, Sosial, Gaya Hidup, Pengaruh Lingkungan, dan Kepercayaan Pribadi.

Downloads

Published

2019-08-08