ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI PADI SAWAH DI DESA TUALANG KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BERDAGAI

Authors

  • Nelfita Rizka S Depari Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

Keywords:

Padi sawah, Usahatani, Kelayakan, R/C, BEP

Abstract

Ilmu usahatani melibatkan studi tentang cara mengelola dan mengoordinasikan faktor-faktor produksi seperti lahan dan lingkungan sekitarnya sebagai modal untuk mencapai hasil yang optimal. Analisis kelayakan usahatani adalah suatu evaluasi untuk memeriksa dan menganalisis apakah suatu usaha layak atau tidak, dengan mempertimbangkan beberapa parameter mengenai apakah keuntungan yang diperoleh dapat menutupi seluruh biaya yang dikeluarkan, baik itu biaya langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan usaha tani padi sawah di desa Tualang Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Berdagai Provinsi  Sumatera Utara.

Dalam penelitian ini, digunakan metode pengambilan sampel, wawancara, dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Data diperoleh dari pihak atau instansi yang berwenang dalam mengumpulkan data yang terkait dengan objek penelitian. Adapun populasi sampel pada petani ini adalah sebanyak 20 orang petani padi sawah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan deskriptif.

 

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, total penerimaan (TR) diperoleh sebesar Rp 16.274.430 dan nilai total biaya (TC) Rp 8.614.585, pendapatan bersih yang diterima oleh petani sebesar Rp 7.659.845 per Ha. BEP produksi (unit) sebesar 95,72 kg per Ha, artinya usahatani ini layak dikembangkan mengingat produksi riil (unit) > BEP produksi (unit), yaitu 3.798 kg > 95,72 kg.  BEP penerimaan (rupiah) sebesar Rp. per Ha, artinya usahatani ini layak  dikembangkan mengingat penerimaan riil > BEP (Rupiah), yaitu > . BEP harga jual sebesar Rp. 2.268/kg, artinya usahatani ini layak dikembangkan mengingat harga jual riil > BEP (Rupiah), yaitu  Rp 4.285/kg  > Rp 2. 268/kg. Nilai dari Revenue Cost Ratio (R/CRatio) didapatkan hasil sebesar 1,88 yang berarti sesuai dengan kriteria R/C > 1, maka usaha Usaha tani padi sawah yang ada di desa Tualang ini layak untuk dijalankan/diusahakan karena penerimaan yang diterima lebih besar dari pada total biaya yang dikeluarkan oleh petani padi sawah yang ada di desa Tualang.

Downloads

Published

2023-04-18