ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL TAMBAK UDANG VANNAMEI (STUDI KASUS : TAMBAK UDANG VANNAMEI DI BLANG LANCANG DESA BATUPHAT TIMUR KEC. MUARA SATU, LHOKSEUMAWE)

  • Muhammad Rizaauliya Universitas Malikusaleh

Abstract

Udang vannamei merupakan komoditas perikanan yang saat ini sedang digemari banyak orang. Hal ini dikarenakan udang vannamei resisten terhadap penyakit serta lebih tinggi produktifitasnya. Oleh karena itu usaha budidaya udang vannamei masih merupakan jenis usaha yang menguntungkan, jika dikelola dengan benar. Usaha budidaya udang pada tambak di Blang Lancang Desa Batuphat Timur Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe adalah usaha pembesaran dengan komoditas udang vannamei. Usaha tambak udang vannamei di Blang Lancang Desa Batuphat Timur menggunakan teknologi intensif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan finansial dan sensitivitas. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga petambak udang vannamei secara intensif. Hasil penelitian usaha budidaya udang vannamei dinyatakan layak secara finansial dengan kriteria Nilai Net Present Value (NPV) yang diperoleh bernilai positif, Net B/C > 1 maka layak untuk dikembangkan dan Internal Rate of Return (IRR) > tingkat suku bunga yang berlaku (12%), BEP dicapai dalam umur ekonomis. Setelah dilakukan analisis sensitivitas maka usaha tersebut masih layak untuk dilanjutkan.

Published
2018-08-14
How to Cite
RIZAAULIYA, Muhammad. ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL TAMBAK UDANG VANNAMEI (STUDI KASUS : TAMBAK UDANG VANNAMEI DI BLANG LANCANG DESA BATUPHAT TIMUR KEC. MUARA SATU, LHOKSEUMAWE). Agriprimatech, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 38-44, aug. 2018. ISSN 2621-6566. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/Agriprimatech/article/view/172>. Date accessed: 26 apr. 2019.
Section
Articles