PENGARUH KOMPETENSI, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DOSEN TETAP PADA UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

Authors

  • Salman Faris a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Prima Indonesia";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/agriprimatech.v4i1.1317

Keywords:

Kompetensi, Pelatihan, Motivasi, Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, pelatihan dan motivasi terhadap kinerja dosen tetap UNPRI secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan terhadap dosen tetap UNPRI. Populasi dalam penelitian adalah dosen tetap UNPRI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 221 dosen dari jumlah populasi sebesar 492 dosen tetap UNPRI. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi dengan perhitungan menggunakan SPSS versi 20,0. Hasil penelitian yang bersumber dari pengolahan data menunjukkan hubungan yang positif antara variabel kompetensi, pelatihan dan motivasi terhadap kinerja dosen tetap UNPRI. Secara parsial pengaruh kompetensi, pelatihan dan motivasi terhadap kinerja dosen tetap UNPRI masing-masing sebesar 0,141; 0,094 dan 0,167. Secara simultan variabel kompetensi, pelatihan dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dosen tetap UNPRI sebesar 0,392. Dari hasil analisis ditemukan bahwa secara parsial pengaruh kompetensi, pelatihan dan motivasi terhadap kinerja dosen tetap UNPRI masing-masing sebesar 14,1%; 9,4% dan 15,7%. Secara simultan pengaruh kompetensi, pelatihan dan motivasi terhadap kinerja dosen tetap UNPRI sebesar 39,20% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2020-10-13